Tips Selektif Memilih Tawaran Endorse yang Datang

Belakangan ini bukan cuma artis yang kebanjiran tawaran endorse, influencer pun juga kecipratan.

Asalkan eksistensinya di sosial media dapat diperhitungkan maka orang tersebut layak dijadikan sebagai endorser.

Di balik maraknya bisnis endorse ada beberapa hal yang harus diperhatikan, agar produk yang di endorse tidak menimbulkan masalah di kemudian harinya.  Yuk simak apa aja yang perlu diperhatikan ketika menerima jasa endorse produk.

Pahami Latar Belakang Usahanya

Sebelum menerima endorse ada baiknya kamu melihat eksistensi produk yang akan kamu endorse dan siapa saja yang sudah mengendorse produk tersebut. Jika produk baru setidaknya kamu lihat dulu kenampakannya, nah disana kamu bisa melihat produk tersebut worth it ngak? Kalo menurut kamu engga, lebih baik tawaran endorsenya ditolak dengan baik.

Perjelas Regulasinya

Selanjutnya kamu juga harus memperjelas dan memahami betul regulasi endorse yang dibuat.  Terkait berapa kali posting dan upah yang dibayarkan ke kamu baik dalam bentuk produk atau uang.  Jangan lupa untuk membuat surat perjanjian yang berisi materai ya. Agar bisnis kamu aman.

Jika Kosmetik Cek BPOMnya

Nah.. kamu nggak mau kan dibilang nipu karena endorse kosmetik yang ternyata memilliki kandungan berbahaya.  Kamu bisa cek dulu kandungan kosmetik yang kamu endorse atau bisa cek nomor BPOMnya. Biar lebih aman gitu.

Jangan Menerima yang Terlalu Lebay

Biasanya jika kamu diminta mengendorse produk dengan kata-kata yang terlalu lebai kamu perlu waspada ni. Apakah kata-kata saat endorse tersebut sesuai dengan kenyataan produk, ini juga perlu kamu pikirkan lho. Jadi engga boleh asal terima.

Bisnis endorse kini memang menjadi lading basah, tapi engga ada salahnya kan kalau kita waspada terhadap barang endorse yang menghampiri kita.

-by : MD-

 

error: Content is protected !!