Quinoa, Makanan Sakral yang Menyehatkan

Quinoa dikenal sebagai makanan pokok suku Inca. Berjenis biji-bijian yang berasal dari Peru, Amerika Selatan, makanan ini juga sering disebut makanan sacral karena merupakan induk dari biji-bijian.

Quinoa (keen-na) termasuk spesies tanaman dari genus goosefoot (Cheanopodium quinoa) serta memiliki bentuk seperti biji ketumbar.

Akhir-akhir ini quinoa sangat populer dijadikan pengganti makanan pokok gandum dan beras.  Penggiat hidup sehat juga sedang heboh membahas manfaat quinoa untuk menjaga kesehatan dan yang terpenting dapat membantu menurunkan berat badan.

Nutrisi yang Terkandung di dalam Quinoa

Quinoa mengandung karbohidrat, protein nabati, asam amino, asam omega 3 yang setara dengan minyak ikan serta serat. Selain itu quinoa juga memiliki zat phytonutrients sebagai anti inflamasi dan mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh.

Bebas Gluten

Berbeda dengan sereal seperti oats, gandum, atau barley yang mengandung gluten, quinoa bebas gluten lho dan aman dikonsumsi bagi yang memiliki alergi terhadap gluten.

Kandungan Karbohidrat Lebih Rendah dari Nasi

Sebagai pengganti nasi quinoa memiliki kandungan karbihidrat lebih rendah dari nasi dan memiliki kandungan protein yang lebih tinggi.  Adanya kandungan protein yang lebih tinggi menjadikan quinoa sangat bermanfaat bagi pertumbuhan, pembentukan dan pertumbuhan tulang, otot, kulit, membangun dan memperbaiki sel tubuh.  Quinoa sangat baik bagi penderita diabetes dan baik untuk diet karena di dalam pencernaan quinoa melepaskan kandungan karbohidrat secara perhalan ke dalam tubuh.

Yuk coba ganti nasi pakai Quinoa.

-by : MD-

error: Content is protected !!