Kesalahan Saat Memotong Kuku yang Jarang Disadari

Memotong kuku bisa jadi hal yang sangat sepele. Saking sepelenya kita sering kali melakukan kesalahan tanpa kita sadari.

Walaupun potong kuku juga bisa dilakukan di salon, tapi beberapa hal penting ini wajib kita tau lho. Yuk simak beberapa kesalahan saat memotong kuku.

Menggunakan Gunting Kuku yang Tumpul

Menggunakan gunting kuku atau nail clippers yang tumpul adalah kesalahan yang sering diabaikan. Hal tersebut justru dapat merusak lapisan kuku.

Tidak Merapikan Pinggiran Kuku

Setelah memotong kuku, tentunya kuku akan memiliki pinggiran yang tajam. Saat memotong kuku di rumah sering kali step merapikan pinggiran kuku ini kita abaikan. Kecuali kalau memotong kuku di salon, step ini akan sangat diperhatikan. Padahal pinggiran kuku yang tidak dirapikan dapat menimbulkan kuku tumbuh secara tidak teratur.

Membuang Kutikula

Step ini juga paling sering dilupakan saat memotong kuku di rumah. Membersihkan kutikula pada kuku wajib lho agar kuku tetap sehat. Ada alat tersendiri untuk membersihkan kutikula. Tenang saja tidak akan terasa sakit saat kutikula diangkat, karena bagian ini merupakan sel kulit yang sudah mati.

Tidak Membersihkan Gunting Kuku

Hal selanjutnya yang paling jarang dilakukan adalah membersihkan gunting kuku.  Langsung menyimpan gunting kuku dan tidak membersihkannya berbahaya bagi kesehatan kuku.  Pasalnya sisa bakteri dan kotoran yang tadinya menempel pada kuku akan ikut juga menempel pada gunting kuku.  Bakteri yang berada pada gunting kuku juga kemungkinan berkembang biak dan dapat menyebabkan terjadinya infeksi.  Biasakan untuk membersihkan alat pemotong kuku dengan cara merendamnya di dalam alkohol atau dengan mengusapkan sanitizer pada gunting kuku, maka kotoran dan bakterinya akan kabur.

Nahlo.. mana nii kebiasaan yang sering kamu lakukan?

-by : MD-

error: Content is protected !!