Nikmatnya Sate Lilit yang Menggoyang Lidah

Bali memang terkenal dengan beberapa kuliner khasnya salah satunya adalah sate lilit.

Sate lilit berbeda dengan sate pada umunya yang berupa daging dipotong-potong lalu ditusuk.

Keunikan Sate Lilit

Sate lilit terbuat dari daging yang dihaluskan dan dicampur dengan parutan kelapa dan bumbu khas Bali serta diberi garam, merica dan bawang goreng.

Sesuai dengan namanya, sate lilit dibuat dengan cara melilitkan adonan daging tadi ke lilitan sate setelah itu sate dipanggang.  Berbeda dengan tusuk sate yang biasanya dibuat tajam, lilitan untuk sate lilit tibuat tumpul dan berbahan dasar pelepah kelapa.

Sarana Upacara

Sate lilit sebenarnya digunakan sebagai sarana upacara bagi Agama Hindu.  Lalu setelah dipersembahkan sate lilit dinikmati bersama-sama keluarga setelah upacara usai.

Sudah Bisa Dinikmati di Restoran

Cita rasa sate lilit yang sedikit pedas, nikmat dan gurih, kini dapat dengan mudah dijumpai di pasar, rumah makan serta restoran yang menyajikan menu olahan khas Bali.  Biasanya sate lilit yang terbuat dari ikan, lebih mantap jika disajikan dengan sup ikan ditambah sambel matah.

Jika traveler tertarik, kunjungilah daerah Lebih di Gianyar. Menu sate lilit, lengkap dengan sup ikan dan sambel matah sangat mudah dijupai di kawasan tersebut. Selamat mecoba.

-by : MD-

error: Content is protected !!