Mengolah Pampers Bekas Menjadi Media Tanam

Bagi kamu yang punya anak atau adik bayi dan balita, tentunya kamu udah engga asing lagi dengan pampersnya dan sampah pampersnya.  Bicara tentang sampah pampers ternyata benda tersebut akan terurai secara sempurna 250-500 tahun lhoo.  Bayangkan berapa banyak sampah pampers yang sudah ada di muka bumi ini.

Tapi jika menaruh perhatian lebih pada sampah pampers maka kita akan menemukan manfaatnya yang luar biasa.  Gel yang tedapat di dalam sampah pampers dapat digunakan untuk menampung air yang disiram sehingga tanah tidak cepat kering.  Nah hal ini dapat menjadi trobosan lain di dunia pertanian, karena dapat mengurangi intensitas penyiraman.

Cara Pengolahan

Sebelum merubah sampah pampers menjadi media tanam, kamu wajib menggunakan sarung tangan dan masker terlebih dahulu.  Lalu guntinglah pampers dan keluarkan isinya.  Isi yang dimaksud adalah gel yang biasanya berfungsi untuk menyerap cairan.  Gel tersebut ditampung pada sebuah ember.

Semprot gel yang berada di dalam ember dengan EM-4.  Tutup ember dengan rapat lalu diamkan selama 7 hari.  Setelah 7 hari gel sudah dapat dicampur dengan media tanah.

Keunggulan Media Tanam dari Pampers Bekas

Media tanam yang terbuat gel (sampah pampers) dapat mempertahankan kelembaban tanah karena sangat bagus menyerap air.  Gel tersebut juga dapat dijadikan sebagai media nutrisi dan pupuk cair.  Jika media digunakan untuk sistem hidropinik maka gel berfungsi untuk menjaga cairan nutrisi agar tidak cepat kering.  Yang terpenting gel tersebut dapat digunakan menjadi media tanam sehingga dapat mengurangi penumpukan sampak pampers.

-by : MD-

error: Content is protected !!