Mengolah Limbah Ampas Tahu Menjadi Sesuatu yang Lebih Bermanfaat

Ampas tahu adalah limbah yang dihasilkan setelah proses pembuatan tahu selesai.  Banyak pabrik yang membuang begitu saja limbah ampas tahu ke sungai.  Padahal sebenarnya limbah tahu dapat dimanfaatkan menjadi sesuatu yang berguna salah satunya dapat diolah kembali menjadi tempe gambus, pakan ternak dan krupuk.

Ampas tahu sama seperti tahu, hanya saja memiliki warna yang lebih putih dan lembut.  Nah berikut beberapa alternatif pengolahan ampas tahu menjadi sesuatu yang lebih berguna.

Diolah Menjadi Tempe

Tempe gambus adalah salah satu olahan ampas tahu yang bisa dijumpai di daerah Jawa Tengah.  Tempe gambus terbuat dari ampas tahun yang diproses dengan ragi.  Proses membuat tempe dari ampas tahu lebih mudah, bahan yang digunakan tidak banyak tapi mendapat hasil berupa tempe gambus yang banyak.  Di Jawa Tengah tempe gambus biasanya dijual dengan harga yang lebih murah dan kaya nutrisi.

Makanan Ternak

Bagi yang mememlihara sapi limbah tahu juga bisa digunakan sebagai sumber pakan ternak sapinya.  Ampas tahu mengandung kalori yang tinggi sehingga bisa menjadi sumber tenaga bagi sapi.  Sapi yang diberi makan ampas tahu biasanya lebih cepat gemuk dibandingkan sapi yang tidak diberi ampas tahu.  Biasanya ampas tahu dicampu dengan sari rebusa kedelai. Selain sapi, ampas tahu juga bisa dijadikan pakan ikan.  Ampas tahu dapat membuat pertumbuhan dan perkembangan ikan menjadi lebih cepat.  Ampas tahu yang digunakan sebagai pakan ikan cukup disimpan pada tempat terbuka.  Kemudian ampas tahu diberi tambahan seperti putih telur, dan sisa masakan dari ikan untuk mengembangkan mikroorganisme pada ampas tahu.  Setelah beberapa hari maka mikroorganisme akan banyak berkembang dan ampas tahu siap diberikan pada ikan.  Lele adalah salah satu jenis ikan yang sangat menyukai ampas tahu.  Selanjutnya ampas tahu juga bisa digunakan untuk pakan ternak unggas seperti ayam dan bebek.  Campuran ampas tahu dengan sisa penggilingan kelapa baik untuk pertumbuhan unggas.

Bahan Produksi Nata de Soya

Olahan nata de soya adalah jenis makanan yang dihasilkan dari fermentasi ampas tahu.  Pengolahan nata de soya menggunakan jenis bakteri bacillus amyloliquefaciens.  Ampas tahu yang diolas menjadi nata de soya dapat meningkatkan nilai gizi dari ampas tahu dan meningkatkan minat konsumsi masyarakat.

Pupuk Organik

Ampas tahu sebagai limbah ternyata dapat dimanfaatkans ebagai pupuk organic.  Ampas tahu mengandung beberapa mineral penting yang dibituhkan tanaman seperti nitrogen, fosfat dan kalium.  Pupuk organic yang dihasilkan dari ampas tahu bisa berbentuk cair ataupun padat.

Diajdikan Tepung

Ampas tahu juga bisa digunakan sebagai tepung.  Ampas tahu mengandung kalori dan protein dalam jumlah tinggi.  Ampas tahu dapat diolas menjadi tepung menyerupai tepung beras dan tepung gandum.  Sebuah penelitian menyebutkan bahwa tepung ampas tahu sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Menjadi Krupuk

Kerupuk adalah salah satu cemilan yang lekat dengan masyarakat Indonesia.  Krupuk biasanya terbuat dari ikan, tepung atau nasi sisa. Nahh.. olahan krupuk dari amapas tahu biasanya disantap oleh teman-teman yang vegetarian.  Ternyata rasanya sangat enak.  Tapi mengingat ampas tahu adalah limbah maka pengolahan juga harus secara berhati-hati.  Ampas bisa mengandung beberapa jenis bakteri jika diolah dengan cara yang kurang higienis.  Jadi ampas tahu harus diolah secara bersih dan sehat ya.

-by : MD-

error: Content is protected !!