Lima Langkah Mencintai Ususmu

Menjaga usus memang sering kali disepelekan.  Padahal jika usus terganggu banyak aktivitas akan terbengkalai.  Jika usus mengalami masalah makan penyerapan nutrisi juga akan bermasalah.

Sistem pencernaan yang baik akan menentukan kondisi kesehatan seseorang.  Oleh karena itu sangat penting menjaga sistem pencernaan seperti: usus 12 jari, usus halus, usus dan usus besar.  Nah yuk kepoin beberapa tips untuk menjaga kesehatan usus kamu.

Pilih Makanan Tinggi Probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang terdapat pada makanan fermentasi dan suplemen.  Bakteri baik ini bisa melipat gandakan jumlah bakteri baik lainnya pada usus.  Salah satu makanan yang mengandung probiotik adalah yoghurt.  Bifidobacteria pada yoghurt melepaskan senyawa kimia yang akan menciptakan habitat asam sehigga tidak dapat ditembus bakteri jahat.  Selain itu di dalam youhurt juga terdapat lactobacillus yang menjaga kesehatan usus.

Hindari Makanan Berlemak

Makanan berlemak tinggi dapat merusak dinding usus sehingga memudahkan senyawa kimia berbahaya dan bakteri jahat masuk ke dalam pembuluh darah.  Beberapa jenis lemak dapat meningkatkan populasi bakteri jahat.  Nah .. jadi kamu perlu batasi mengonsumsi makanan bermeka dan ada baiknya mengonsumsi makanan sehat seperti lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda dan sedikit lemak jenuh.

Konsumsi Banyak Sayur

Cara paling mudah untuk menjaga usus adalah dengan mengonsumsi banyak sayur.  Sayur akan mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus.  Jadi engga ada lagi acara males-malesan untuk mengonsumsi sayur.

Karbohidrat Juga Penting

Usus yang sehat memerlukan asupan karbohidrat yang cukup.  Salah satu contoh karbohidrat didapat dari kentang rebus.  Yang perlu dihindari adalah mengonsumsi kentang rebus bersamaan dengan minuman bersoda.  Hal tersebut justru akan menekan pertumbuhan bakteri baik.  Jadi air putih adalah teman yang paling sempurna untuk kentang rebusmu.

Jaga Waktu Makan

Waktu makan juga berpengaruh terhadap kesehatan usus.  Usus membutuhkan 12 jam untuk beristirahat setiap harinya.  Jadi sebaiknya kita hanya punya waktu makan 12 jam saat kita aktif melaksanakan aktivitas.  Misalnya jika kamu sarapan jam 8 pagi maka setelah jam 8 malam hindari aktivitas makan malam.  Berikan ususmu waktu istirahat, dengan demikian ususmu akan sehat.

Selamat mencoba guys.

-by : MD-

error: Content is protected !!