Ampas Kelapa Bisa Disulap Jadi Tepung Tinggi Serat

Industri pengolahan kelapa baik industri minyak ataupun santan tentunya menghasilkan limbah berupa ampas kelapa.  Ampas kelapa yang tadinya hanya sebuah limbah, kini sudah mulai diolah menajdi tepung.

Ampas kelapa mengandung protein, karbohidrat, rendah lemak dan kaya serat. Tepung ampas kelapa adalah tepung yang diperoleh dengan cara menghaluskan ampas kelapa yang telah dikeringkan.  Teknologi yang digunakan dalam proses pembuatan tepung dari ampas kelapa sangat sederhana, sehingga mampu dikembangkan dalam indsutri kecil dan menengah.

Proses Pembuatan Tepung Ampas Kelapa

 

Untuk mendapatkan bahan baku dan hasil yang baik, sebelum diproses ampas kelapa direndam dengan air bersih terlebih dahulu.  Perendaman dilakukan sesuai kebutuhan, jika dilakukan lebih lama, sebaiknya setiap 12 jam air rendaman diganti.  Setelah direndam ampas kelapa dijemur, hingga kadar airnya tinggal 10%.  Setelah dijemur proses selanjutnya adalah penggilingan.  Proses penggilingan bisa dilakukan dengan ditumbuk ataupun dengan mesin.  Jika proses penggilingan dilakukan dengan mesin, maka tepung yang dihasilkan akan lebih halus, dan siap pakai.  Jika tepung dari ampas kelapa tidak langsung dipakai, maka sebaiknya disimpan di wadah tertutup agar tepung terhindar dari kutu dan lebih tahan lama.

Manfaat Tepung Ampas Kelapa

Tepung dari amapas kelapa memiliki serat yang tinggi dan baik bagi pencernan.  Selain itu tepung dari ampas kelapa juga baik bagi penderita diabetes militus dan obesitas, sebab serat pangan pada tepung ampas kelapa dapat membantu mengontrol glukosa.  Tepung ampas kelapa juga peting dalam terapi gizi.

Nah jadi sekarang sudah tau kan cara pengolahan ampas kelapa menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

-by : MD-

error: Content is protected !!