Pengguna Smartphone Waspada Nomophobia

Perkembangan pemakaian smartphone ternyata tidak hanya menimbulkan efek positif jika dilihat dari efisiensi waktu. Seluruh dunia dengan mudah berada pada genggaman tangan.  Tetapi smartphone juga menimbulkan efek negatif salah satunya adalah nomophobia.

Nomophobia (no mobile phone phobia) merupakan sebuah sindrom ketika seseorang mengalami ketakutan jika tidak ada smartphone disampingnya. Penelitian di Inggris mengungkapkan bahwa 58% pria dan 47% wanita pengguna smartphone akan merasa tidak nyaman jika tidak bisa mengakses smartphonennya.  Bahkan jika bertemu atau berbincang dengan orang lain si nomophobia akan lebih mengutamakan smartphonenya ketimbang memperhatikan lawan bicaranya.

Setelah bangun tidur, seseorang yang menderita nomophobia akan mengutamakan untuk mencari smartphonenya bahkan sampai ke kamar mandipun smartphone tidak terlepas dari tangan.  Perasaan gelisah akan muncul apabila sinyal hilang atau batre low. Terbiasa untuk mengotak-atik smartphone walaupun tidak ada pemberitahuan yang muncul.  Kebanyakan nomophobia adalah remaja yang berusia 17-25 tahun. Nomophobia bisanya disebabkan oleh 2 faktor, yaitu :

 Game Addicted

Salah satu penyebab nomophobia adalah game.  Ketika sudah mendedikasikan hidupnya hanya untuk bermain game maka berhati-hatilah mungkin saja kamu sudah terkena nomophobia.  Aktivitas lain seperti mandi, makan atau bahkan tidur juga sudah mulai terganggu ketika game sudah berada di genggaman. Jika sudah mengalami fase ini, fix kamu sudah terkena syndrome nomophobia.

Sindrom FoMO (Fear of Missing Out)

FoMO adalah salah satu penyakit yang diderita oleh penggila medsos.  Hasil studi yang dilakukan pada Februari–Mei tahun 2017 oleh RSPH (Royal Society of Public Health) di Inggris menyebutkan bahwa 40% pengguna sosial media mengidap penyakit FoMO.  Artinya si penderita memiliki penyakit yang takut ketinggalan berita di media sosial, takut dibilang engga update.  Ketakutan yang muncul menjadikan si penderita harus sesering mungkin membuka media sosialnya, jika hal itu tidak terjadi makan akan timbul perasaan resah dan gelisah.  Salah satu media sosial yang dianggap memberi pengaruh paling buruk adalah instagram.

Istilah lain dari FoMO adalah kecanduan media sosial.  Si penderita akan merasa sangat tersiksa apabila tidak dapat melihat kabar berita dari sosial media yang ia miliki.

Guys apakah kalian sudah termasuk salah satu dari penderita nomophobia?

-by : MD-

error: Content is protected !!