Sering Memar Tiba-Tiba Ini Penjelasan Logisnya

Memar tanpa sebab ternyata bukan hal yang sepele apalagi sering dialami.  Timbulnya memar ternyata dapat menjadi indikasi penyakit tertetu seperti risiko diabetes hingga kanker darah.

Selama ini jika seseorang mengalami memar tiba-tiba maka sering kali dikaitkan dengan cerita-cerita mistis yang tidak masuk akal.  Apabila kamu salah satu dari seseorang yang sering mengalami memar tiba-tiba, yuk simak kira-kira apa penyebab memarmu.

Kurang Tidur

Banyaknya aktivitas membuat seseorang memiliki tingkat kelelahan yang tinggi sehingga begitu merebahkan badannya ia akan terlelap begitu saja walaupun dengan posisi tidur yang kurang nyaman.  Posisi tidur yang kurang nyaman akan menyebabkan beberapa bagian tubuh terasa sakit seperti leher, pinggang, tangan dan lutut.  Rasa sakit yang ditumbulkan biasanya juga disertai dengan memar.

Obat-obatan

Mengonsumsi obat-obatan tertentu dapat mempengaruhi darah dan menyebabkan memar.  Sebagian besar datang dari golongan analgesic, anti-inflamasi, antidepresan, anti asma, serta aspirin. Memar secara tiba-tiba adalah salah satu indikasi dari obat-obatan diatas.

Olahraga

Olahraga dapat memicu ketegangan pada otot dan ketegangan otot inilah yang dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah hingga muncul ke permukaan.  Pembuluh darah yang muncul ke permukaan akan terlihat menyerupai memar akibat terjatuh atau bekas pukulan.

Kekurangan Vitamin C

Memar yang sering muncul secara tiba-tiba juga dapat disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin terutama vitamin C.  Vitamin C merupakan salah satu vitamin paling penting yang dibutuhkan oleh tubuh.  Salah satu dampak dari kekurangan vitamin C adalah munculnya memar secara tiba-tiba.

Penuaan

Saat mengalami proses penunaan maka produksi kolagen dalam tubuh yang dapat melindungi kulit akan mengalami penurunan.  Karena penurunan produksi kolagen inilah tubuh akan lebih mudah mengalami memar.

Diabetes

Munculnya memar di tubuh secara tiba-tiba juga dapat dijadikan tanda resiko mengidap diabetes.  Beberapa ahli mengungkapkan indikasi awal diabetes adalah seringnya memar tanpa alasan muncul.  Jika terlalu sering mengalami memar tanpa alasan dan memiliki riwayat keluarga mengidap diabetes ada baiknya kamu memeriksakan diri ke dokter.

Gangguan Darah

Gangguan darah seperti hemophilia dapat membuat tubuh mengalami memar secara tiba-tiba.  Bahkan kontak fisik seperti cubitan ringan dapat menyebabkan memar.  Untuk beberapa kasus memar yang sering muncul di tubuh terjadi karena gangguan darah disebutkan sebagai salah satu indikasi adanya risiko penyakit kanker darah.

Jadi kira-kira yang mana penyebab memar kamu?

-by : MD-

error: Content is protected !!