Aneka Jajanan yang Ikutan Merdeka

Ingatkah dengan beberapa jajanan tradisional yang berwarna merah putih? Rasa-rasanya menyongsong kemerdekaan RI akan bertambah semarak jika kita menikmati salah satu jajanan tradisional ini.

Menyambut kemerdekaan RI biasanya dilakukan dengan mengikuti upacara bendera dan lomba-lomba di sekitar lingkungan tempat tinggal. Nah bagaimana kalau kita tambahkan kebiasaan di atas dengan menikmati salah satu jajanan tradisional yang berwarna merah putih?

Lapis

Kue lapis biasanya berwarna putih, pink dan hijau.  Nahh.. dalam rangka menyambut kemerdekaan RI kue lapis ini diberi warna merah dan putih saja.  Jadi jarang-jarang nii bisa makan lapis merah putih.

Bolu Kukus

Kalo bolu kukus adalah jajanan yang paling sering dibuat sama ibu-ibu kalo ada acara khusus.  Biasanya bolu kukus berwarna putih dengan perpaduan pink, ijo, coklat dan merah.  Kalo ibumu lagi buat bolu kukus di rumah jangan lupa request warna merah putih yaa…

Awug Tepung Beras

Kue tradisional yang satu ini berbahan dasar tepung beras, kelapa dan gula merah tentunya.  Warna putih yang didapat berasal dari tepung beras dan kepala, sementara warna merahnya adalah warna merah alami yang berasal dari gula merah. Awug memang biasa disajikan dengan warna seperti ini.

Awuk-awuk

Awuk-awuk dan awug memiliki bahan dasar yang hampir sama hanya saja dibedakan dari tepung yang dipakai.  Awuk-awuk memakai beras ketan dengan campuran kelapa.  Nah di bagian atasnya juga berbahan dasar sama hanya saja diberikan warna merah agar terlihat lebih cantik.  Awuk-awuk ini pas banget jika disajikan saat 17an nanti.

Jaje Uli

Jaje uli adalah jajan khas orang Bali. memang memiliki warna dasar putih dan merah.  Warna merah adalah warna yang dihasilkan dari campuran gula merah.  Jaje uli ini biasanya disajikan saat akan menjelang hari raya.  Jika jaje uli basah disajikan dengan tape sementara jaje uli goreng bisa dinikmati langsung sebagai teman ngopi.

Ayo mau coba yang mana?

-by : MD-

error: Content is protected !!